Minggu, 24 Desember 2017

Ketika Si Kecil Susah Tidur



Pernahkah mama-mama mengalami anak belum tidur padahal waktu sudah larut malam? Sementara esok pagi harus berangkat sekolah. Terkadang sebagai orang tua, kita menyikapinya dengan uring-uringan. Alih-alih anak bisa tidur, malah akhirnya melek sampai malam karena mendengar uring-uringan kita.
Suatu waktu anak saya F, 6 tahun, belum bisa tidur sampai larut. Kala itu sikap saya hanya memberitahu bahwa sudah waktunya tidur, kemudian mematikan semua lampu di rumah dan memastikan kondisi aman dari hal-hal atau benda-benda berbahaya disekitar tempat tidur kemudian sayapun pura-pura tertidur. Beberapa saat kemudian F ikutan tertidur. Suatu waktu F pun terkadang bermain sebentar di kasur sampai mengantuk tiba. Hal utama ketika kita sudah terlampau lelah untuk mengikuti begadangnya anak kita, pastikan kondisi sekitar aman dari benda atau hal berbahaya bagi anak.
Keesokan harinya di kala senggang, coba tanyakan kepada anak mengapa tidak bisa tidur. Hal ini perlu dilakukan agar kita mengetahui secara pasti hal-hal yang membuat anak tidak bisa terlelap tidur pada awal waktu. Pancing anak agar terbuka mengemukakan alasannya. Agar kita bisa mengantisipasi dan bisa secepatnya menangani anak yang susah tidur.
Namun, bagaimana apabila susah tidur ini terjadi pada anak yang belum bisa diajak komunikasi? Maka sang ibu harus memahami kebiasaan anak sebelum tidur, apakah kebutuhan-kebutuhan sebelum tidur terpenuhi ataukah belum. Bisa juga cek kondisi kesehatan anak, siapa tahu ada anggota tubuh yang sakit. Atau kemungkinan lain dari suhu atau cuaca yang tidak membuat nyaman anak.
Untuk anak-anak, penyebab tidak bisa tidur salah satunya karena factor emosi. Bisa karena terlalu senang, atau terlalu sedih, marah, jengkel terhadap keluarga atau teman dan lingkungannya. Seperti F, ketika saya tanya ternyata dia terlalu bahagia karena mendapatkan mobil-mobilan dari pakdhenya. Hal sederhana bagi kita tapi ternyata begitu bahagia bagi anak.
Tidur siang yang terlalu lama juga bisa menjadi penyebab makin larutnya tidur malam si kecil. Bila ini yang menjadi penyebabnya,  usahakan untuk mengurangi tidur siang anak.

Beberapa  tips ketika kita tidak bisa membersamai anak saat begadang yaitu, selalu mengkondisikan waktu untuk tidur seperti lampu-lampu di rumah dimatikan, kita juga bersiap untuk tidur. Bila anak masih terlihat mampu untuk begadang sementara kita sudah tidak mampu membersamai anak, maka solusinya adalah memastikan kondisi sekitar anak aman dari hal atau benda yang membahayakan. Kemudian beritahu anak bahwa kita tidak bisa menemaninya melek. Beritahukan pula bahwa apabila ingin ke toilet si anak diharap memberitahu. Semoga bermanfaat. Selamat menemani anak dalam kondisi apapun!


Hasil gambar untuk gambar animasi anak susah tidur

gambar diambil dari tutorial.com

0 komentar:

Posting Komentar