Jumat, 21 September 2018

TIPS BEPERGIAN BERSAMA BUAH HATI



            “Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali. Kiri kanan, ku lihat saja, banyak pohon cemaraa” Ayah Bunda, masih ingat kan lagu tersebut? Lagu itu mengajak anak-anak untuk melihat pemandangan di sekitar pegunungan. Keceriaan dan kegembiraan sangat jelas tergambar dalam lagu tersebut. Hal ini tentu
            Dari segi kognitif, melihat alam dan sekitarnya, atau jalan – jalan ke museum, kebun binatang, dan lainnya akan meningkatkan pengetahuan serta wawasan anak. Dan juga, siapa tahu dengan traveling bisa untuk mengetahui minat dan bakat anak?
            Terkait perkembangan sosial emosional anak, ternyata bepergian atau travelling bisa mempererat ikatan ayah bunda dan anak, menumbuhkan sikap berani, menumbuhkan rasa ingin tahu, peka terhadap lingkungan.
            Melalui bepergian atau travelling, anak akan bergerak bebas mengeksplor fisiknya untuk bergerak seperti berlari, meloncat sehingga perkembangan motorik anak makin berkembang.
            Bagaimana dengan perkembangan bahasa anak apakah melalui traveling atau bepergian bisa terstimulus? Tentu iya, karena anak akan mempunyai kenangan ketika bepergian atau travelling kemudian anak akan mengungkapkan kenangan tersebut melalui lisan (bercerita) maupun tulisan.
            Dari aspek nilai agama moral, bepergian atau traveling bisa untuk menanamkan syukur, mengenal ciptaanNya, sehingga anak akan mempunyai keyakinan kepada sang Pencipta.
            Melalui bepergian atau travelling, aspek perkembangan anak akan terstimulus sehingga kita sebagai orangtua akan mudah untuk mengamati minat dan bakat anak. Lalu bagaimana mempersiapkan bepergian atau travelling bersama anak?
            Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dengan cermat. Tak perlu membawa baju yang banyak, asalkan segera cuci baju bila ada yang kotor agar ketersediaan baju bersih memadai. Perhitungkan pula berapa lama bepergian atau travelingnya.
            Siapkan mainan, cemilan agar anak tidak bosan dalam perjalanan. Bila anak terlihat lelah di perjalanan, ajak anak mengikuti permainan sederhana atau mendengarkan cerita dari orangtua maupun video.
            Perhatikan kesehatan anak. Dan sediakan selalu obat-obatan yang dibutuhkan apabila anak  kurang fit di perjalanan. Hal yang kadang membuat terlena ketika bepergian atau traveling yaitu tentang makanan. Biasanya kita membeli makanan di sembarang tempat, minum es yang seharusnya dihindari. Pilih makanan yang terjaga komposisi vitaminnya sehingga membuat anak penuh tenaga saat traveling atau bepergian.
            Lalu sounding ke anak jadwal bepergian atau travelling. Ceritakan kepada  anak akan kemana saja, disana akan melakukan apa, sehingga anak akan senang. Saat sounding jadwal bepergian atau traveling merupakan saat yang tepat untuk menjelaskan aturan bepergian atau traveling, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sehingga ketika tiba saatnya bepergian atau traveling, kita tinggal mengingatkannya saja.
            Bepergian atau travelling harus dilakukan dengan ceria, menyenangkan dan penuh manfaat. Sehingga akan memberikan pengalaman positif  yang berharga untuk anak dan mudah-mudahan terbangun karakter positif pula.

 Berlelah-lelah saat bepergian atau travelling akan hilang ketika kebermanfaatannya lebih dominan. Semoga bermanfaat dan Happy Travelling!



12 komentar:

  1. Setuju,saya juga suka banget piknik sama anak-anak. Selain happy, traveling bisa meluaskan cara oandang keluarga dalam melihat aneka jenis kehidupan

    BalasHapus
  2. Keren mbaa...setuju traveling banyak mnfaatnya untuk buah hati kita. Semoga bisa membuat perkembangnpribadi anak smakin positif. Aamiin

    BalasHapus
  3. Saya aja kalo piknik sama keponakan seru banget, gimana anak sendiri ya? Hihi. Makasih bun tipsnya.

    BalasHapus
  4. Traveling sama anak seru ya, mbak bisa sambil belajar juga

    BalasHapus
  5. setuju Mbak..Lebih baik merekam kenangan di benak anak lewat sebuah perjalanan daripada mewariskan kebendaan yang bisa usang...
    collect moments not things :)

    BalasHapus
  6. Sama bun. Saya juga kalau jalan-jalan ama anak berusaha mengenalkan sesuatu yang baru pada anak atau mengingatkan yang lalu. Agar anak bukan cuma sekedar jalan-jalan aja tpi ada nilai di dalamnya

    BalasHapus
  7. Penting, mengajak anak traveling, banyak manfaatnya

    BalasHapus
  8. Traveling nggak sekedar jalan-jalan ya Mbak. Banyak banget manfaatnya. Salah satunya mengenalkan keragaman di luar sana.

    BalasHapus
  9. Makasih tips nya mbak, traveling memang waktu yang sangat berkualitas untuk keluarga,

    BalasHapus
  10. Tips nya berguna banget makasih ya mba

    BalasHapus
  11. Mantap mbak tipsnya. Saya sendiri kalau Travelling bareng si kecil selalu ajak suami. Gak kuat kalau sendirian. Hahaha

    BalasHapus
  12. Seru mbak, aku sekarang malah traveling sama bayi muluk hehe.
    Makasih tips nya mbak

    BalasHapus