Selasa, 24 Januari 2023

IDN Media Sambut Tahun 2023 dengan Terobosan Inovatif

Kejutan di awal tahun 2023, IDN Media merilis fitur baru di IDN Live, platform live streaming di aplikasi IDN, yaitu UGC feature yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live. IDN Media yang identik dengan IDN Live, mulai mengungkapkan ide-ide baru berupa terobosan inovatif di tahun 2023 ini. Walaupun diprediksi tahun 2023 merupakan tahun yang cukup sulit dalam bidang ekonomi, tetapi hal ini tentu tak menyurutkan IDN Media untuk terus berinovasi mengeluarkan hal-hal yang inovatif.

Wah penasaran nih, apa saja terobosan atau inovasi-inovasi yang terbaru di tahun 2023 ini? Yuk, kita ulik bahasannya di artikel ini: 


IDN Media 2023


1.      Tech-driven merupakan perkembangan karakter IDN Media sebagai platform media

Media platform yang Tech-driven merupakan media dengan basis teknologi yang saat ini terus berkembang seiring dengan era digital 4.0 atau malah sekarang menuju 5.0. Perkembangan ini terus dilakukan oleh IDN Media yang didirikan pada 8 Juni 2014. Sebagai media platform bagi para Millenial dan Gen Z di Indonesia, IDN Media mempunyai 80 juta Monthly Active Users (MAU), ini merupakan bilangan yang fantastis yang terus diupayakan jumlahnya terus meningkat dengan inovasi-inovasi yang spektakuler.

IDN Media di tahun 2023, terus konsentrasi guna  menstimulus bisnisnya pada  keempat kategori bisnisnya yaitu yaitu :

content platform (IDN), 

digital media (IDN Times, Popmama.com, Popbela.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy,                                           FORTUNE Indonesia, 

commercial (IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH), 

entertainment (IDN Pictures dan JKT48). 

1.      Diperlukannya pondasi bisnis yang kuat

poPondasi bisnis yang kuat dapat dilihat dari adanya tanggung jawab yang kuat dalam membangun sebuah bisnis agar mempunyai value bagi para pemegang kepentingan. Pondasi yang kuat ini akan sangat berimbas saat menghadapi faktor eksternal sehingga bisnis akan tetap maju walaupun banyak hal yang terjadi, seperti pada tahun 2022. Pondasi bisnis yang kuat juga tak menyurutkan inovasi IDN Media agar para penggunanya merasakan imbas positifnya. Misalnya dengan menyuguhkan hiburan yang disukai para penggunanya yaitu para Millenial dan Gen-Z. Fokus IDN Media pada keempat kategori yaitu content platform, entertinment, digitla media dan commercial tentunya akan diimbangi dengan bentuk marketing atau lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy)



IDN Media 2023
Live Streaming merupakan konsentrasi IDN Media

Audiens IDN MEdia yang kebanyakan merupakan para Millenial dan Gen Z ini ternyata mempunyai kecenderungan menyukai live streaming, dibawah konten video, yaitu sebanyak 75 %. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh IDN Research Institue pada tahun 2022. Berdasarkan penelitian ini, maka muncullah ide inovatif atau terobosan baru guna memaksimalkan konten live streaming. 
Beberapa inovasi baru IDN Live antara lain adanya UGC feature, redemption, referral. apa itu UGC Feature? UGC Feature memudahkan para pengguna untuk menjadi streamers di IDN Live. Harapannya, ketiga inovasi ini makin memenuhi kebutuhan para pengguna untuk ber-live streaming.

Mengoptimalkan ICE (Indonesia Creator Economy)
Wah, ini terobosan luar biasa! Di era 4.0 menuju 5.0 ini, memang kolabrasi sangat diperlukan. Nah, IDN media mengumpulkan para content creator menjadi satu dalam wadah ICE sehingga makin tumbuh para content creator yang akan menumbuhkan pula creator economy (industri yang melibatkan para konten kreator). 
Saat ini, ICE menawarkan berbagai layanan yang diberikan seperti content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development. Di tahun 2023, ICE juga akan meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator.

Tahun 2023, Menumbuhkan Keoptimisan di kala isu resesi merajai

Isu resesi yang bakal terjadi di tahun 2023 ini tentu membuat beberapa bisnis melakukan strategi ulang agar bisnis tetap berjalan. Menurut survei resesi dari Bloomberg negara kita hanya mengalami resesi yang dinilai cukup rendah dibandingkan negara lain. Namun, tetap saja strategi perlu diotimalkan agar tak berdampak pada bisnis yang dijalankan. Begitu pula dengan IDN Media yang terus berbenah untuk menguatkan dan optimis menjalani tahun 2023. 

IDN Media yang mengandalkan iklan dari para klien tentu harus memounyai strategi menarik agar para klien tetap berada di pihak IDN Media.  Di tahun 2023, IDN Media akan tetap fokus menciptakan nilai tambah bagi seluruh stakeholder. Langkah ini dilakukan agar IDN Media dapat mencapai visinya untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar