Jumat, 29 April 2022

Sundance Film Festival: Asia 2022 Akan Diadakan Secara Offline

Masih ingat viralnya beberapa film pendek sejak pandemi? Ya, ada beberapa judul film pendek yang sangat digemari dan dijadikan alternatif hiburan saat pandemi dua tahun terakhir. Tentu ini berita baik bagi filmmakers. Geliat film pendek yang makin disukai akan membawa dampak positif dunia filmmakers. Hal ini juga menumbuhkan minat para muda untuk menekuni dunia filmmakers. Tak melulu hanya membuat film pendek, filmmakers juga bisa mengikuti kompetisi film pendek ya. Berikut ini berita baik bagi filmmakers pemula dan profesional di tahun 2022 yaitu akan dibuka ajang short film competition yang diadakan oleh Sundance Film Festival dan XRM Media dan ditayangkan di platform Argo serta didukung oleh IDN Media selaku media platform untuk generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia.

Festival ini telah digelar sejak tahun lalu secara online. Kabar baiknya adalah akan diadakan Sundance Film Festival : Asia 2022 secara offline pada 25-28 Agustus 2022 di Jakarta, Indonesia. Kegiatan Sundance Film Festival : Asia 2022 tak hanya berupa kompetisi film pendek, tetapi juga ada beberapa acara yang dihelat seperti: pemutaran film, diskusi panel, dan lainnya.

Tabitha Jackson , selaku Festival Director Sundance Film Festival, mengaku sangat senang bisa bekerjasama dengan XRM Media sebagai perusahaan teknologi hiburan yang sangat mendukung, memproduksi dan mendanai konten multikultural di berbagai platform bersama paraitra global.

Begitupula dengan William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media, yang sangat antusias dengan kegiatan ini agar industri film makin maju.

Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival, Mike Plante, berusaha untuk terus mencari filmmakers dan karya karya terbaik. 

Sundance Institute, sebagai penyelenggara acara ini merupakan penggiat dan kurator karya independen berupa film, media digital, teater, seniman yang berdiri sejak tahun 1981 oleh Robert Redford. Sundance Institute telah berkontribusi dalam proyek:

* CODA, 

* Clemency, 

* Never Rarely Sometimes Always, 

* Zola,

* Time, 

* Minari, 

* Boys State, 

* The Farewel, 

* Honeyland, 

* One Child Nation

* Won't You Be My Neighbour?

Dll.

Paparan lengkap Sundance Institute bisa disimak di Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube ya.

Short Film Competition Sundance Film Festival : Asia didukung pula oleh Argo. Argo merupakan platform streaming yang mampu mengubah mindset orang untuk menonton, mengeksplorasi dan membagikan film. Argo menjadi penghubung bagi filmmakers dengan audience. Argo menampilkan banyak karya film yang dikurasi oleh para festival film seluruh dunia. Argo mengajak para filmmakers untuk saling menginspirasi satu sama lain dengan karya film mereka. Film-film terbaik bisa ditonton di www.watchargo.com atau aplikasi Argo di iTunes AppStore dan Google Play store. Ikuti pula Argo di Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube.

Kali ini, Sundace Film Festival : Asia 2022 menggandeng :

* Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival

* Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival

* Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival

* Susansi Dewi, Head of IDN Pictures

* Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Sebagai juri di Sundance Film Festival: Asia 2022.



Nah, kesempatan emas kan untuk menunjukkan kemampuan diri melalui Sundance Film Festival : Asia 2022. Apalagi apresiasi yang didapat ketika memenangkan acara ini begitu menarik. Jajaran juri juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award dengan apresiasi yaitu 2000 dolar AS disponsori oleh Argo. Wah, menarik sekali kan?

Mari daftarkan film pendek kalian dengan syarat:

* durasi 3-20 menit, 

* tema dan genre bebas

* Karya film telah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020

* Pendaftaran kompetisi di Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia dari tanggal 18 April sampai dengan 31 Mei 2022. 

* WNI (tinggal di luar maupun dalam negeri)

* usia 18 tahun ke atas 

Yuk info detailnya di website https://SundanceFilmFestivalAsia.org

https://filmfreeway.com/Sundance Asia

IG @SundanceFFAsia

TikTok @SundanceFFAsia

Selamat berkreasi, ya!





10 komentar:

  1. Seru banget nih. Saya penikmat film tapi belum bisa bikin film, hehe.

    BalasHapus
  2. Wah sudah bisa offline, pasti senang sekali nih bisa ketemuan sesama sineas. Alhamdulillah, pandemi sudah tidak lagi mengharuskan kita online.

    BalasHapus
  3. Nah, udh disiapkan event buat sineas muda buat unjuk kemampuan. Yuk disiapkan dari sekarang. Mumpung masih ada waktu.

    BalasHapus
  4. Berhubung di tahun 2022 dilakukan offline harusnya sih event ny bisa lebih sukses

    BalasHapus
  5. Ternyata CODA yang menang oscar itu berasal dari Sundance Film Festival yaa. keren banget pastinya acaranya nantinya yang bisa dinikmati secara offline

    BalasHapus
  6. Ini yang selalu ditunggu para sineas di seluruh dunia. Semoga ada karya anak bangsa yang menang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Ga sabar ya kak heheeh pengen nonton film dari anak bangsa

      Hapus
  7. Wah pasti bakal keren. Semoga aja ada karya anak bangsa yang memang ya.

    BalasHapus
  8. Sundance Film Festival Asia ini bener-bener ajang yang berkelas, skrg sudah bisa dilakukan secara offline ya

    BalasHapus
  9. tahun kemarin online.. alhamdulillah sekarang offline.. pasti lebih berasa sensasinya :)

    BalasHapus