Senin, 18 April 2022

10 Kegiatan Jelang Lanjut Usia


Bismillah

Hello Dear Readers,,


Tak terasa ramadhan sudah mulai tampak ujungnya. Hilal tunjangan hari raya alias THR sudah mulai terlihat. Lembaga sebelah sudah mulai bagi bagi THR, hiks,  aku jadi sedih nih belum terlihat hilal THR di lembagakušŸ¤­


Hari-hari memang makin tak terasa ya, 1 Ramadhan yang kemarin ditunggu, eh ternyata akan berganti 1 Syawal. Begitu pula dengan umur, tahun kemarin masih umur ... eh ternyata tahun ini nambah umur lagi.



Dudududu, rasanya belum melakukan apa-apa demi kebaikan di akhirat nanti, ternyata waktu bergulir cepat.

Umur yang tadinya masih muda eh ternyata sekarang sudah beruban tanda tak muda lagišŸ¤£


Nah, persiapan apa yang sudah dilakukan menghadapi jelita? 

Jelita disini maksudnya jelang lima puluh tahun ke atas ya, dimana keproduktifan kita mulai menurun dibandingkan dengan usia 20-30an.


Mengapa perlu dipersiapkan dari sekarang? Tentu alasannya karena waktu bergulir cepat. Bisa jadi sebabnya karena kita sangat menikmati rutinitas dari pagi eh tau tau udah pagi lagi.


Menurut WHO lanjut usia (lansia) adalah kelompok penduduk yang berumur 60 tahun atau lebih. 

Dilansir dari situs sehatnegeriku kemenkes.go.id bahwasannya jumlah orang lanjut usia (Lansia) di Indonesia saat ini sekitar 27,1 juta orang atau hampir 10% dari total penduduk. Pada tahun 2025 diproyeksikan jumlah Lansia meningkat menjadi 33,7 juta jiwa (11,8%). Peningkatan jumlah Lansia dengan berbagai masalah kesehatannya menjadi tantangan bagi kita untuk mempersiapkan Lansia yang sehat dan mandiri, agar meminimalisir beban bagi masyarakat dan negara.


Beberapa hal yang mesti diperhatikan saat memilih atau mempersiapkan kegiatan saat hari tua antara lain:

1. Faktor safety 

Usahakan pilih kegiatan jelita dengan tingkat resiko cidera rendah. Ga mungkin kan kita di saat jelita memilih kegiatan panjat tebingšŸ˜¬ selain resiko cidera sangat tinggi, juga akan merepotkan banyak pihak ketika terjadi sesuatu pada kita.

2. Pilhlah kegiatan yang makin menambah poin kebaikan dunia akhirat atau mendapatkan banyak pahala untuk kehidupan akhirat nanti. Berusia panjang merupakan suatu keberkahan ketika kita mampu menjalaninya dengan makin mendekatkan diri kepadaNya. Berusia panjang juga merupakan sinyal agar kita makin kepadaNya.

3. Pilih kegiatan dengan porsi yang tak menyita waktu. Usia jelita tentu mempunyai kadar istirahat yang harus lebih banyak guna menjaga ketahanan tubuh agar tetap fit.

4. Pilihlah kegiatan yang menyenangkan dan tidak membuat stres. Semakin  usia kita bertambah, tingkat stres harus diminimalisir agar daya tahan tubuh juga terjaga dan agar makin bersyukur kepadaNya tanpa banyak keluhan.

Nah, lalu apa saja pilihan kegiatan saat jelita? Berikut 10 kegiatan untuk para lansia:

1. Berkebun

2. Menulis

3. Blogging

4. Menghapal Al Quran

5. Tutor 

6. Read Aloud

7. Beternak ikan atau lainnya 

8. Melukis

9. Bergabung komunitas olahraga

10. Memilih kegiatan sesuai passion dan hobi.


Disclaimer: pilihan-pilihan kegiatan ini bisa mulai dilakukan ketika usia kita sekitar 45 tahunan. Rancanglah kehidupan hari tua kita sejak saat ini, agar kelak di usia kita yang menua, kita justru makin produktif dan bermanfaat. Aamiin.


Semoga bermanfaat!

Sumber Gambar: https://pixabay.com/id/images/download/adult-2028245_1280.png?attachment&modal

3 komentar:

  1. Wah Alhamdulillah kayaknya saya sudah melakukan sebagian besar kegiatan yang direkomendasikan saat memasuki usia jelita, insyaAllah berarti nanti sudah terbiasa ya, kak. Semoga umur kita tetap berkah dan sehat selalu, Aamiin

    BalasHapus
  2. yes sepakat.. hari tua perlu disiapkan mulai sekarang.. bahkan ada lo panti jompo modern dengan fasilitas cihuy heheh

    BalasHapus
  3. daftar kegiatannya membantu banget mbak, meskipun masih jauh dari usia jelita tapi memang harus dipersiapkan, agar kelak masuk jelita sudah ready hehe

    BalasHapus