Senin, 19 November 2018

5 Hal yang Harus Dilakukan Kepada Keluarga si Sakit


            Sakit, sesuatu yang tidak mengenakkan. Tak semua orang ingin sakit. Namun, siapa yang bisa mengelak dari takdirNya? Seperti saat Julia Perez sakit, Titi Qadarsih sakit kemudian Ari lasso juga sakit , siapa yang bisa mengelaknya? Jangankan artis, orang-orang yang bergerak di dunia kesehatan, seperti dokter, perawat, bidan dan lainnya yang notabene tahu cara menangani sakit, juga tidak bisa menolak sakit.
Tak semua  sakit dianggap sebagai azab atau siksa dunia. Justru inilah sebaik-baik pengingat akan kematian dan dosa kita. Sehingga sakit adalah saat yang tepat untuk memohon ampun kepada yang Kuasa. Semakin sering memohon ampun kepadanya, maka disinilah letak keikhlasan kita akan takdirNya muncul. Namun, kadangkala keblinger ya, orang selalu mengingatkan dan menyarankan si Sakit untuk  istigfar atau mohon ampun kepada Pencipta. Sudahkah yang sehat demikian? Karena permohonan ampun adalah untuk semua, bukan hanya untuk si sakit.
 Sakit juga tak selalu pahit. Bukan berarti bila sakit kita berat merupakan azabNya. Justru ketika sakit akan muncul hikmah yang dirasakan, seperti: 1. Karib kerabat kita akan saling mendoakan demi kesembuhan si Sakit, 2. bertemunya family dan teman, 3. Sakit merupakan sebaik-baiknya nasihat karena sakit merupakan alarm kematian, 4. Sakit sebagai penggugur dosa, 5. meringankan beban fitnah/siksa kubur atau  di akhirat nanti.
Ketika sakit, peran keluarga tentu sangat penting dan berarti. Tanpa keluarga yang mendampingi, orang yang sakit akan berat menjalani kondisi sakitnya. Namun, terkadang kita lupa akan peran keluarga. Perhatian kita terlalu bertumpu pada si Sakit ketika menengok. Kita lupa untuk membesarkan hati keluarga si Sakit. Lalu apa yang harus dilakukan? Berikut 5 hal yang harus dilakukan, antara lain:
1. beri dukungan moral maupun finansial
2. doakan yang terbaik, karena kita tidak tahu hal mana saja yang terbaik buat si Sakit
3. berikan bantuan informasi (misal tempat laundry di sekitar rumah sakit, dan lainnya) untuk meringankan bebannya selama menjaga si Sakit,
4. sering-sering berkunjung untuk mendengar keluhan ataupun cerita keluarga si Sakit sambil menanyakan kebutuhan apa saja yang mungkin bisa dibawakan ketika kunjungan berikutnya, serta perhatikan pula asupan gizi keluarga si Sakit agar tidak ikut down ketika merawat si Sakit
5. bawakan oleh-oleh sesuatu yang disukai keluarga pasien serta berikan kisah-kisah tokoh tertentu yang memberikan semangat, baik berupa buku atau video. Terus pompa semangat keluarga si Sakit agar semangat berdoa dan berusaha untuk si Sakit.
            Akhirnya, tanamkan pada keluarga bahwa bagaimanapun kondisi si Sakit, entah itu penyakit ringan maupun berat, tetaplah berpikiran positif bahwa inilah kondisi terbaik yang dialami. Ketika usaha keluarga menangani ataupun mengobati sudah terbaik, tempat berobat terbaik, dokter terbaik dan ikhtiar yang lain sudah terbaik, maka pujilah usaha keluarga si Sakit. Besarkan hati keluarga bahwa akan mendapatkan hasil yang terbaik dari Nya. Doa yang tulus dari kita, in sya Alloh akan diraasakan pula oleh keluarga si Sakit.

Semoga bermanfaat!

pixabay.com
Hasil gambar untuk pixabay-gambar kartun pasien dan keluarga

4 komentar:

  1. Btw, ada yang mau menambahkan lagi hal2 yang harus dilakukan kepada keluarga si Sakit? Komen ya hhehe

    BalasHapus
  2. tambahannya, kalo ada org skt itu jgn dimarah2in terus nyuruh2 cepet sembuh karena sebenarnya dia jg emg kepengen sembuh. Kurangnya perhatian ketika ada org2 yg sakit, dikira pengennya dimanja padahal memang benar dia butuh perhatian. Jadi pada intinya mah ga boleh su'udzon deh kalo ngeliat org skt,ixixi

    BalasHapus
  3. Masukkan komentar Anda...ajarkan tayamum dan solat saat sakit

    BalasHapus
  4. Oke oke. ni buat keluarga si sakit ya, heheheh

    BalasHapus