Selasa, 05 Juli 2022

Menstimulus Minat Baca Anak Melalui Buku

 Menstimulus minat baca anak merupakan hal luar biasa yang harus diulik oleh para pendidik dan orang tua. Cara menumbuhkan minat baca pada anak memang sulit tapi bukan tidak mungkin dilakukan. Kemampuan membaca anak usia dini termasuk kemampuan yang perlu ditumbuhkan dalam lingkup bahasa. Lingkup bahasa ini mencakup kemampuan menyimak, mengungkapkan dan keaksaraan awal. Selaras dengan salah satu capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka yang menekankan pada pengembangan dasar-dasar literasi dan STEAM (Sains, Teknologi, Engineering, Art dan Math.

Kaitannya dengan buku, menurut KBBI buku adalah sekumpulan lembaran kertas berupa gambar maupun tulisan ataupun kosong. Anak usia dinipun bisa menikmati buku, lho. Tahap awal anak suka membaca antara lain bisa diamati melalui ketertarikannya terhadap buku dan sikap duduknya. Menurut Darmiati Zuchdi dan Budiasih (1996:50) bahwa tahap pramembaca anak mempunyai sikap duduk yang baik, meletakkan buku dengan baik, membuka dan membalik halaman, melihat dan memerhatikan tulisan. Tahap membaca selanjutnya yaitu mengenalkan huruf dan kata.

Anak yang berpura-pura membaca walaupun tidak sama dengan tulisan yang tertera, ini juga merupakan tahap pengembangan membaca menurut Tadkiroatun Musfiroh (2009:8-9)

Waw, ternyata begitu dahsyatnya manfaat buku ya sehingga mampu menumbuhkan minat baca anak. Buku dapat menjadi teman bermain bagi anak sekaligus teman belajar juga.

Buku yang paling bermanfaat adalah buku yang menarik minat anak. Sebagus apa pun isi buku, akan terabaikan jika anak tidak tertarik.

Agar buku dapat menjadi teman bermain anak, maka pendidik maupun orng tua diharapkan mampu memilih jenis buku yang ramah anak. Berikut beberapa jenis buku yang bagus untuk teman bermain anak:

  1. buku tebal/boardbook
  2. buku bergambar/picture book
  3. buku berilustrasi
  4. buku bantal
  5. buku timbul/pop-up book
  6. buku besar/Big Book
  7. komik
  8. buku bergerak/moveable book
  9. buku tanpa kata/wordless book
  10. buku buatan sendiri

Sumber Gambar: Pixabay

Beberapa hal yang dapat dilakukan ketika membersamai anak bermain dengan buku agar memunbuhkan minat baca, antara lain:

Memilih judul buku yang disukai anak

Setelah anak memilih buku yang disukainya, maka bacakanlah buku tersebut jika anak belum bisa membaca.

Buatlah kegiatan yang mudah sesuai dengan buku yang dibaca.

Ajaklah anak bercakap-cakap mengenai buku tersebut dengan menarik.

Selalu berikan semangat ketika anak mulai membawa buku dan membacanya walaupun tidak sesuai apa yang diucapkan dengan kata-kata yang di buku.

Bagaimanapun, mendekatkan anak dengan buku merupakan upaya tepat agar capaian pembelajaran dasar-dasar literasi dan STEAM bisa terwujud. Buku juga memberikan ruang eksplorasi, inovasi, inspirasi dan menyembuhkan rasa ingin tahu anak yang begitu tinggi. Pendidik dan orang tua merupakan pihak-pihak yang bertugas untuk mengenalkan anak dengan buku. Nah, sudah siapkah kita mengemban tugas ini? Ayo, Semangat!

14 komentar:

  1. Read aloud sih ya, walaupun diajak-ajak tapi kalau anak nggam oernah lihat orangtua rajin baca buku ya susah juga membangun minat anak

    BalasHapus
  2. Mengajak anak bermain ke toko buku juga merupakan cara mendekatkan anak pada buku. Cara itu yang dipakai ortu saya ke saya. Almarhum Bapak saya pembaca buku. Di rumah banyak rak buku. Akhirnya saya ketularan suka baca buku. Hahaha.

    BalasHapus
  3. Makasi sharingnya Mbak. Saya juga sedang berjuang bersama anak untuk lebih mencintai buku.. Setelah beberapa tahun belakangan lebih banyak sibuk beraktivitas dengan gawai alias gadget. Sekarang sudah mencoba lebih banyak mendekatkan anak-anak dengan buku kembali. Saya persilakan mereka membaca apa saja yang mereka minati terlebih dahulu..

    BalasHapus
  4. Makasih sharingnya mba. Kalau aku coba pakai cara read aloud

    BalasHapus
  5. ini bener banget mba aku udah praktikkan jg ke anakku dia jadi suka baca jugaa alhamdulillah -Jihan

    BalasHapus
  6. Bener sih, sebagus apapun buku klu ngga bisa menarik minat baca ya sama aja. Tp sekarang berusaha keras buat baca buku, semoga anakku kelak jg bisa rajin baca buku

    BalasHapus
  7. Mengajak anak untuk memilih buku yang disukainya juga penting ya, Mbak. Sekarang aku memang memilih buku boardbook, karena dilihat dari segi kalau rusak mudah untuk diperbaiki, ya resiko rusaknya kecil, bisa dibilang seperti itu ya, Mbak. Mengajari anak untuk mencintai membaca yang sulit, kalau sekadar baca mah anak bisa ya, Mbak.

    BalasHapus
  8. Betul sekali Mba Kita perlu mengenalkan buku pada anak. Agar anak suka dan tertarik dengan buku, sekaligus mengalihkan perhatian dari gadget.

    BalasHapus
  9. Setuju banget.menarik minat anak membaca itu dengan menyesuaikan umur dan tema buku.Membaca keras atau story telli g juga amat membantu anak untuk memahami isi buku
    Donasaurus

    BalasHapus
  10. Waktu anak saya masih bayi, newborn, orang tua saya sensi banget kalo saya membacakan buku buat anak saya. Jangan dipaksa belajar baca, katanya. Haha. Padahal kan niatnya mendekatkan dan mengakrabkan anak saya sama buku. Sekarang bocahnya udah 3 tahun dan sukaaa banget sama buku, hamdallah. Ibu saya pun ikut senang jadinya lihat cucunya dari kecil udah akrab sama kegiatan membaca..

    BalasHapus
  11. Jangankan anak, kita yang dewasa aja kalau tidak menarik minat baca kita akan susah banget

    BalasHapus
  12. mengajak anak untuk suka membaca buku memang tidak sulit tetapi juga tidak mudah karena sekarang banyak anak yang tertarik dengan gadget

    BalasHapus
  13. Betul banget yaa..
    Kalau anak sudah ada yang namanya minat membaca, pasti akan menjadi daya tarik tersendiri menjelajah banyak hal dan bisa menjadi diskusi ketika anak sudah mampu menerima nilai baik-buruk dari sebuah pesan literatur.

    BalasHapus
  14. Memang harus banget dih menanamkan minat baca ke anak sejal dinim tapi kita nya juga harus mencontoh juga ya sering baca depan anak

    BalasHapus